Thursday 14 December 2017

PENGENALAN LOCATION BASED SERVICES (LBS)

A.PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
       Hallo Teman..!!Apa kabar?? bertemu lagi dengan blog saya kali ini saya akan berbagi tentang apa itu location based services.oke langsung saja kita bahas.
B.PENGERTIAN
       Layanan berbasis lokasi ( LBS ) adalah layanan tingkat perangkat lunak yang menggunakan data lokasi untuk mengendalikan fitur. Seperti LBS adalah layanan informasi dan memiliki sejumlah kegunaan dalam jejaring sosial saat ini sebagai informasi, hiburan atau keamanan, yang dapat diakses dengan perangkat mobile melalui jaringan seluler dan yang menggunakan informasi mengenai posisi geografis perangkat mobile 
C.MAKSUD DAN TUJUAN
   memahami tentang apa itu location based services
D.LATAR BELAKANG
    banyak aplikasi sekarang yang menggunakan lbs
E.ALAT DAN BAHAN

    pc/laptop
    koneksi internet
F.WAKTU YANG DIPERLUKAN

-
G.TAHAPAN PELAKSANAAN

1.Definisi Location Based Services (LBS)     Location Based Services (LBS) merupakan suatu layanan yang bereaksi aktif terhadap perubahan entitas posisi sehingga mampu mendeteksi letak objek dan memberikan layanan sesuai dengan letak objek yang telah diketahui tersebut. Agar LBS bisa berfungsi maka diperlukan teknologi “Mobile Positioning”. Sebelumnya, LBS hanya dimungkinkan oleh institusi yang memang benar-benar membutuhkannya seperti jasa ekspedisi/kurir. Karena biaya yang mahal saat itu mereka hanya menggunakan GPS receiver sebagai alatnya. Dengan berkembangnya teknologi GSM, maka LBS menjadi semakin mudah dan murah, bahkan untuk individu sekalipun. (Anwar, 2014 : 122)

2.Prinsip Dan Komponen LBS
Location Based Services adalah aplikasi yang bergantung pada lokasi tertentu dan didefinisikan pula sebagai layanan informasi dengan memanfaatkan teknologi untuk mengetahui posisi sesuatu. Layanan berbasis lokasi menggunakan teknologi Positioning System, teknologi ini memungkinkan para pengguna dapat memperoleh informasi lokasi sesuai dengan kebutuhannya.

LBS termasuk dalam kategori teknologi yang sama dengan geographic information system (GIS), dan aplikasi global positioning system (GPS), yaitu dikenal dengan teknologi geospatial. Teknologi ini terdiri atas perangkat untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna terhadap sistem koordinat bumi. Layanan ini menjadi sangat penting bagi penggunanya karena mampu menghubungkan antara lokasi geographic informasi terhadap lokasi penggunanya, hal ini sangat mendukung di era mobilitas seperti pada masa ini.

Keberadaan aplikasi LBS merupakan hasil penggabungan dari tiga buah teknologi yaitu New Information and Communication Technologies (NICTS), internet, dan GIS dengan menggunakan database spasial. Teknologi LBS ini terdiri atas perangkat-perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan data dan informasi berdasarkan pada sistem koordinat geographic bumi secara realtime. Identifikasi kordinat pengguna memungkinkan aplikasi LBS untuk menyediakan layanan bagi pengguna perangkat mobile. Untuk memungkinkan layanan LBS tersebut, dibutuhkan empat elemen besar untuk mentransmisikan informasi spesifik kepada penggunanya.



Location-Based Service yang menjadi salah satu fitur dalam reminder system ini memiliki pengertian yaitu layanan informasi yang dapat diakses menggunakan piranti mobile melalui jaringan internet dan seluler serta memanfaatkan kemampuan penunjuk lokasi pada piranti mobile. LBS dibagi dua, yaitu :

a.    “Process location data in a server and deliver results to the device”, proses   lokalisasi datanya di server dan terus hasilnya dikirim ke perangkatnya.
 b.   “Obtain location data for a device application that uses it directly”, memperoleh lokasi data dari perangkatnya langsung.

3.Komponen LBS
Terdapat empat komponen pendukung utama dalam teknologi Layanan Berbasis Lokasi, yaitu:

  a.  Piranti Mobile

Piranti Mobile adalah salah satu komponen penting dalam LBS. Piranti ini berfungsi sebagai alat bantu (tool) bagi pengguna untuk meminta informasi. Hasil dari informasi yang diminta dapat berupa teks, suara, gambar dan lain sebagainya. Piranti mobile yang dapat digunakan bisa berupa PDA, smartphone, laptop. Selain itu, piranti mobile dapat juga berfungsi sebagai alat navigasi di kendaraan seperti halnya alat navigasi berbasis GPS.

   b. Jaringan Komunikasi

Komponen ini berfungsi sebagai jalur penghubung yang dapat mengirimkan data-data yang dikirim oleh pengguna dari piranti mobile-nya untuk kemudian dikirimkan kepenyedia layanan dan kemudian hasil permintaan tersebut dikirimkan kembali oleh penyedia layanan kepada pengguna.

  c.  Komponen Positioning (Penunjuk Posisi)

Setiap layanan yang diberikan oleh penyedia layanan biasanya akan berdasarkan pada posisi pengguna yang meminta layanan tersebut. Oleh karena itu diperlukan komponen yang berfungsi sebagai pengolah/pemroses yang akan menentukan posisi pengguna layanan saat itu. Posisi pengguna tersebut bisa didapatkan melalui jaringan komunikasi mobile atau juga menggunakan Global Positioning System (GPS).

   d. Penyedia layanan dan konten (Service and Content Provider)

Penyedia layanan merupakan komponen LBS yang memberikan berbagai macam layanan yang bisa digunakan oleh pengguna. Sebagai contoh ketika pengguna meminta layanan agar bisa tahu posisinya saat itu, maka aplikasi dan penyedia layanan langsung memproses permintaan tersebut, mulai dari menghitung dan menentukan posisi pengguna, menemukan rute jalan, mencari data di Yellow Pages sesuai dengan permintaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyedia layanan tidak selalu menyimpan seluruh data dan informasi yang diolahnya. Karena bisa jadi berbagai macam data dan informasi yang diolah tersebut berasal dari pengembang/pihak ketiga yang memang memiliki otoritas untuk menyimpannya. Sebagai contoh basis data geografis dan lokasi bisa saja berasal dari badan-badan milik pemerintah atau juga data-data perusahaan/bisnis/industri bisa saja berasal dari Yellow Pages, maupun perusahaan penyedia data lainnya.
H.HASIL YANG DIDAPAT

   memahami apa itu location based services(LBS)
I.PENUTUP

sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat..!!
J.REFERENSI

https://en.wikipedia.org/wiki/Location-based_service
http://dnakreatif.com/mobile/definisi-location-based-services-lbs/

0 komentar:

Post a Comment